RESI(N) 10, 13 Desember 2022, Univ. Mahasaraswati Denpasar, Bali – Peneleh Research Institute

RESI(N) 10, 13 Desember 2022, Univ. Mahasaraswati Denpasar, Bali

Mendobrak Akuntansi Balian

Diskusi Paradigma Nusantara berlangsung secara hangat di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tanggal 13 Desember 2022. Adapun pemateri utama dalam diskusi ini adalah Dr. Aji Dedi Mulawarman, sebagai salah satu penggagas paradigma nusantara.

Dalam diskusi tersebut, beliau mendobrak pemikiran akuntansi yang selama ini didominasi oleh unsur materi. Selain itu, beliau membuka cakrawala para peserta bahwa kondisi akuntansi di wilayah Bali sedang tidak baik-baik saja. Pengembangan akuntansi di Bali yang diperuntukkan untuk pariwisata mengakibatkan hancurnya alam lingkungan dan timbulnya krisis sengketa tanah. Selain itu, operasional LPD masih menggunakan ideologi kapitalisme sehingga semboyan kesucian Bali hanya sebagai logo. Tidak lupa juga curahan hati salah satu peserta yang merasa dijajah dalam struktur pendidikan berbasis kapitalisme.

Para peserta yang mengikuti diskusi ini sangat puas dan terbuka wawasannya mengenai akuntansi balian. Semoga ke depan pengembangan akuntansi balian menjadi lebih kritis dan menginternalisasi nilai Paradigma Nusantara.

You might like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *