PRI Kerjasama dengan Dinas Kebudayaan & Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara, dan kesultanan Kutai Kartanegara ing Mardipura

Kutai Kartanegara – Merawat Nusantara terus dimasifkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Seperti halnya Peneleh Research Institute (PRI) yang juga bergandengan tangan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara, sukses menjalin kerjasama melalui seminar nasional “Untaian Naskah Kutai.” Seminar ini dilaksanakan pada 6-7 Desember 2023 di Museum Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kutai Kartanegara. Acara ini juga banyak dihadiri oleh kalangan budayawan, akademisi, dan juga mahasiswa.

Kutai Kartanegara memiliki sejarah panjang dan besar di bumi Nusantara. Khususnya tentang Kerajaan Kutai Kartanegara. Sejak abad 4 Masehi, Kerajaan Kutai Kartanegara telah eksis untuk mewarnai sejarah emas Nusantara. Hal ini menjadi argumentasi penting untuk masyarakat hari ini merawat dan melestarikan kejayaan Kerajaan Kutai Kartanegara agar dapat dikonsumsi masyarakat lebih luas. Karena kenyataannya hari ini, banyak masyarakat juga bingung dengan sejarah panjang leluhurnya. 

Pelestarian sejarah Nusantara, khususnya pada kesempatan kali ini tentang Kerajaan Kutai Kartanegara, maka haruslah dilakukan secara kolektif dari berbagai lini masyarakat. Sebagaimana pada seminar ini, PRI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut merawat sejarah Kutai Kartenegara lewat catatan-catatan naskah Kutai Kartanegara. Seperti halnya dalam jalinan kerjasama merawat Nusantara ini, maka menghasilkan pendandatangan kerjasama (MoU) antara pihak PRI dengan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara, dan kesultanan Kutai Kartanegara ing Mardipura, sehingga dengan adanya kerjasama ini, maka akan mempermudah dan memperkuat kerjasama untuk merawat serta melestarikan sejarah Kutai Kartanegara.

You might like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *