Bincang Santai Bersama PRI#3: Puisi Sebagai Media Dakwah – Peneleh Research Institute

Bincang Santai Bersama PRI#3: Puisi Sebagai Media Dakwah

Mengawali Ramadhan yang berkah ini, pada tanggal 3 April 2022, pukul 9.00-11.00 WIB, telah diadakan Bincang Santai Bersama Peneleh Research Institute (Bisa Bersama PRI) ke 3 bersama Dr. Darwis Said (Dosen Universitas Hasanuddin Makassar) dan Dr. Nanang Suryadi (Dosen Universitas Brawijaya). Acara ini dipandu oleh Mas Chalik (Aktivis Peneleh). Dr. Ayudia Sokarina memberi sambutan sebagai Direktur PRI dan menjelaskan tentang berbagai kegiatan BISA bersama PRI yang telah dilakukan. Khusus pada acara ini, tentu BISA Bersama PRI #3 yang mengusung tema “Puisi sebagai Media Dakwah” dinanti pencinta seni budaya dan juga sangat tepat didengarkan di bulan suci ini.

Pada acara ini juga disampaikan launching Antologi karya Darwis Said “(Dari) Laron Hingga Kupu-Kupu”. Dr. Darwis menjelaskan bahwa puisi-puisi beliau juga memuat nilai religi seperti pada “Sabda Alam”. Dr. Darwis menceritakan pula bahwa banyak dari puisinya memuat penjelasan tentang tugas kenabian manusia. Beliau berharap bahwa pembaca juga dapat menangkap hikmah dari puisinya dan bisa jadi menangkap hal-hal yang berbeda dari apa yang disampaikan. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta.

Dr. Nanang Suryadi yang juga merupakan sastrawan muda di Indonesia dengan berbagai antologi puisinya: “Biar!” dan “Penyair Midas” . Bagi Dr. Nanang, puisi juga merupakan media dakwah saat ia menyerukan pada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Menulis bagi beliau adalah ibadah. Beliau meyakini bahwa kita sebenarnya tidak bisa berbohong dalam puisi- orang akan mampu membaca apa yang kita rasakan. Dalam kesempatan ini beliau membacakan puisi tentang pencarian Tuhan dengan judul “Kucari Engkau”, dan beberapa puisi lainnya.

You might like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *