Relawan Riset Peneleh 4 (21-22 September 2018) – Peneleh Research Institute

Relawan Riset Peneleh 4 (21-22 September 2018)

 Peneleh Research Institute mengadakan pelatihan relawan riset di Desa Tangkulawi, Kecamatan Kulawi, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah. Kegiatan ini adalah hasil kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Palu.

Kegiatan yang dimulai tanggal 21-23 September diawali materi yang diadakan di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah Palu. Kemudian dilanjutkan dengan agenda Rapid Rural Appraisal di salah satu masyarakat Kec. Kulawi.

Setiba di kecamatan kulawi tanpa membuang waktu kami yg di terima di rumah adat kulawi “lobo”, sebutan khasnya. Kemudain langsung lanjut menjalankan proses penelitian yang telah dijelaskan secara detail pada hari sebelumnya, serta tak menunggu waktu lama untuk memetakan hasil penelitian mereka.

Kegiatan ini mendapatkan antusias tidak hanya dari dosen di Kota Palu, namun juga beberapa dosen dari Pare-pare dan Gorontalo. Secara sederhana terlihat riset penelitian biasa, namun sentuhan sentuhan budaya dan lingkungan yang sangat asri membuat kegiatan ini terlihat lebih istimewa. Peserta juga diajak mencicipi jajanan khas kulawi “Surabe” kue yg terbuat dari tepung beras.

Perjalanan relawan riset ini begitu khidmat dan menyenangkan, sebab peserta mendapatkan pengalaman bahwa adat istiadat dan kekayaan alam yg mereka miliki begitu luar biasa.

Tidak sekedar riset, peserta kolaborasi dengan Yayasan Rumah Peneleh untuk memberikan aksi nyata dengan membantu memasarkan produk yang dihasilkan dari Desa Kulawi.

You might like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *